Rabu, 22 September 2010

Pemerintah Lelang Tiga Blok Migas di Maluku

Metrotvnews.com, Ambon: Tiga blok minyak dan gas lepas pantai yang tersebar di Maluku akan dilelang pemerintah kepada pihak ketiga untuk melakukan eksplorasi.

Ketua Komisi B DPRD Maluku, Melky Frans, di Ambon, Rabu mengatakan, rencana pemerintah melakukan lelang ketiga blok migas ini diketahui setelah adanya kegiatan sosialisasi pertambangan yang diselenggarakan Kementrian Energi Sumberdaya Mineral (ESDM).

"Blok migas tersebut terletak di kawasan lepas pantai perairan Yamdena, Maluku Tenggara Barat, blok Selaru dan blok Babar, Kabupaten Maluku Barat Daya," katanya.

Blok Babar posisinya berdekatan dengan blok migas Masela, potensi migas di blok ini akan memasuki tahapan konstruksi dan eksploitasi, namun masih menunggu hasil kajian konsultan independen yang nantinya menetapkan kegiatan eksploitasinya di tengah laut (sistem polating) atau fasilitasnya dibangun di darat.

Sedangkan blok Arafura Sea II di Kabupaten Kepulauan Aru telah dilakukan eksplorasi oleh pihak ketiga yang memenangkan proses lelang tender sejak beebrapa waktu lalu.

Menurut Melky, rencana pelelangan eksplorasi ini diharapkan berjalan baik dan kalau potensinya signifikan maka Provinsi Maluku ke depan akan mejadi salah satu daerah penghasil migas terbesar di Infonesia.

Sebab dari hasil survei potensi kekayaan alam yang dilakukan Kementrian ESDM, sedikitnya terdapat 16 cekungan migas yang tersebar pada berbagai Kabupaten dan Kota di Provinsi Maluku.

"Dampak positif bagi upaya peningkatan kesejahteraan rakyat dan mendorong Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor migas juga tentunya sangat besar," tambahnya.  (Ant/ICH)
http://metrotvnews.com/index.php/metromain/news/2010/06/16/20669/Pemerintah-Lelang-Tiga-Blok-Migas-di-Maluku-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar